Rabu, 23 Januari 2019

Underpass Simpang Kentungan Mulai Dibangun, Berikut Jalur Alternatif Hindari Kemacetan

Simpang Kentungan yang merupakan akses utama menuju objek wisata Kaliurang kini mulai dibenahi hal ini dikarenakan seringnya terjadi kemacetan dari keempat sisi persimpangan. Pembenahan tersebut yakni dengan mulai dibangunnya underpass yang diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2019. Diharapkan jika sudah selesai maka kemacetan akan terkurangi secara signifikan seperti halnya simpang Jombor yang lebih dahulu dibangun underpass dan flyover.


Selama satu tahun pembangunan masyarakat dihimbau untuk menghindari simpang kentungan guna mengurangi kemacetan yang tak terelakkan akibat pembangunan tersebut. Berdasarkan pantaun Crew Hewi Jogja Transport pada bulan Januari ini arus lalu-lintas belum begitu tersendat. Hal ini dikarenakan jalur yang ditutup baru yang dari arah barat (Purworejo), namun demikian masyarakat tidak perlu berputar balik karena disisi kanan dan kiri area pembangunan masih disediakan jalan walaupun hanya satu lajur yang lebarnya 3 meter. Dengan demikian para pengendara yang dari arah barat atau menuju ke barat diharap bersabar dan mengantri untuk dapat lewat. Sedangkan sisi timur masih dibuka seperti biasa hanya saja ditengan-tengan lajur diberi road barrier untuk memisahkan lajur kendaraan yang lurus menuju barat (Purworejo) dan yang akan ke kanan menuju obyek wisata Kaliurang. Pengendara diharap jangan sampai salah masuk jalur. Gunakan lajur kiri jika ingin lurus ke barat, dan gunakan lajur kanan jika ingin ke arah Kaliurang.


Masyarakat dapat menggunakan jalur alternatif jika tidak ingin terjebak kemacetan khususnya pada jam-jam sibuk yakni pagi dan sore hari serta ketika arus mudik dan balik pada lebaran mendatang.
Berikut jalur alternatif yang dapat digunakan  :
1. Dari Arah Solo Menuju Purworejo
  • Setelah melewati bandara Adi Sucipto Anda bisa langsung lurus sampai flyover Janti lalu belok kiri mengikuti jalur ring road selatan sampai Pasar Gamping selanjutnya menuju ke Purworejo 
  • Alternatif lainnya yakni di persimpangan pasar Candi Prambanan belok kiri ke arah Piyungan/Wonosari. Sampai dipertigaan Piyungan kemudian ke kanan melalui jalan Wonosari sampai persimpangan ring road kemudian belok kiri. Ikuti jalur ring road hingga ke pasar Gamping.
2. Dari Arah Solo Menuju Obyek Wisata Kaliurang
  •  Setelah melewati bandara Adi Sucipto Anda bisa belok kanan di pertigaan Maguwoharjo. Sampai diperempatan Condongcatur/Gejayan (Perempatan kedua setelah pertigaan Maguwoharjo) kemudian belok ke kanan lalu ikuti jalan tersebut. Sampai di pertigaan Jl Gambiranom belok kiri sampai jalan Kaliurang (Gardu PLN) belok kanan menuju obyek wisata Kaliurang.
3. Dari Arah Solo Menuju Magelang
4. Dari Arah Magelang menuju Solo
5. Dari Arah Purworejo Menuju Solo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar